Sunday 18 October 2015

Minyak Alami untuk Kayu


Terdapat beragam cara untuk memoles kayu, seperti politur atau plitur, dengan teknik semprot menggunakan NC, melamic, atau memberi warna dengan cat duco. Tapi ada cara yang alami untuk memunculkan karakter asli kayu, yakni dengan memakai minyak kayu jati atau teak oil. Dengan menggunakan minyak khusus kayu ini, permukaan kayu menampilkan keindahan serat alaminya. Minyak kayu juga paling mudah diaplikasikan dibandingkan finishing lain.

Hasil aplikasi minyak kayu tidaklah mengkilap seperti politur atau vernis, karena minyak kayu terbuat dari bahan alami, tanpa ada campuran bahan kimia. Minyak yang meresap perlahan ke permukaan kayu dan ke pori-pori membuat kayu lebih "sehat". Berbeda dengan vernis yang mengandung bahan resin, seperti polyurethane, yang bersifat seperti plastik cair yang bila mengering akan membentuk lapisan film. Bila menggunakan minyak kayu, Anda perlu waktu yang cukup lama untuk menunggu minyak kering.

Selain teak oil adapula jenis minyak kayu lainnya, seperti linseed oil (minyak biji rami), danish oil, mineral oil, dan tung oil. Minyak kayu bisa diaplikasikan pada furnitur kayu, bagian-bagian rumah yang memakai kayu solid, dan benda-benda kerajinan. 

No comments:

Post a Comment

Cat Dinding Anti nyamuk